WELLCOME

selamat datang di blog rekam medis ugm angkatan 2009.

Cari Blog Ini

Rabu, 02 Desember 2009

Home Care

Home care adalah penyediaan perawatan medis/non medis di rumah atau di tempat kediaman,untuk mendukung mempertahankan,memulihkan kesehatan atau untuk meminimalisir penyakit maupun ketidakmampuan.

Pelayanan home care mengutamakan penyediaan perawatan bagi terapi rehabilitasi.Pelayanan home care merupakan sebuah tambahan medis untuk perawatan penyakit akut atau darurat,yang mana menyampaikan rangkaian perawatan terhadap pasien di rumah.

Jumlah pasien yang dirawat di rumah didominasi oleh orang tua,bahkan yang masih belia menggunakan jasa tersebut.Home care bagi sejumlah orang dipandang sebagai kemampuan biaya dibandingkan dengan rawat inap di rumah sakit.

Home care ada sejak tahun 1965,yang mana ketika program perawatan medis dibangun dan diperbolehkan membayar ganti rugi bagi perawatan di rumah.

Definisi home care tersebut adalah dibutuhkannya perawatan dari petugas perawat,terapi fisik,atau speech therapy yang harus memiliki keahlian dalam penyediaan perawatan di bawah pengarahan secara tertulis oleh dokter dan rancangan perawatan dikediaman pasien secara sederhana,penyedian peralatan perawatan medis yang disediakan home care menjadi tugas dokter dan hal itu meliputi jadwal rutin kunjungan rumah.

Contoh : Seorang pasien yang dirawat di rumah yang menerima terapi oksigen mungkin saja seminggu dikunjungi 4kali sebagai permulaan oleh RN.Salah satu tujuan dari terapi tersebut adalah untuk membuat pasien atau keluarga menanggung tanggung jawab dari perawatan tersebut,adanya kunjungan oleh RN menjadi menurun sekali atau 2kali dalam seminggu.Dengan kata lain,jika pasien tinggal sendiri dan membutuhkan asisten dengan perawatan pribadi dari petugas perawat..Lagi pula RN dapat mengunjungi setiap hari untuk membantu perawatan pribadi.


Daftar pustaka : Abdelhak,Mervat.2001.Health Information:Management of a Strategic Resource Second Edition.


lisnawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar